Me and Architecture

here i am, trying hard to organize my mind and heart through the lines…

IMG_20130211_065535bagi saya, arsitektur itu seperti jendela, dan belajar arsitektur seperti melongok ke luar jendela.

dengan melongok ke luar jendela, kita bisa melihat banyak hal lain di luar jendela, bukan semata2 menikmati keindahan jendela itu sendiri.

begitu juga halnya dengan arsitektur. saya memperlakukan arsitektur hanya seperti jendela, tempat saya melongok ke luar, mencari sesuatu yang lain, yang lebih besar…

tidak pernah menjadi terlalu pintar, terlalu antusias, terlalu fokus, terlalu mendambakan, terlalu tenggelam, di dalam arsitektur…

dan arsitektur; saya baru mencintainya ketika sadar, darinya saya memperoleh banyak hal lainnya, yang jauh lebih besar dari dirinya sendiri..

ketika arsitektur mendefinisikan dirinya lewat kebenaran dan kebaikan.. barulah saya jatuh cinta padanya. ya, sebuah cinta yang bersyarat.

sejak itu saya sadar, cinta tak bersyarat saya tertuju pada kebenaran dan kebaikan itu sendiri, yang membuka diri lewat pencarian ilmu.. dan ilmu arsitektur hanya salah satunya..

🙂


15 thoughts on “Me and Architecture

    Cha Lym said:
    October 23, 2008 at 5:21 am

    Salam kenal, dari calon arsitek juga.:mrgreen:

    blognya bagus, bermanfaat.
    terus berkarya!

    Yulia Eka Putrie responded:
    November 22, 2008 at 5:37 am

    Salam kenal juga, semoga jadi arsitek yang bermanfaat juga yaa hehehehe

    Abdelghani said:
    February 28, 2009 at 11:46 am

    “” l’ architecture est un jeu des volumes sous le soliel “”

    Yulia Eka Putrie responded:
    March 2, 2009 at 6:31 am

    “Arsitektur adalah permainan volume di dalam cahaya” (hehe… terjemahannya literal banget, btw bener gak ya??)

    Aditya said:
    July 22, 2009 at 3:59 am

    Salam kenal Mbak Yulia…. btw calon arsitek dari mana neh😀

    zulfahf said:
    September 2, 2009 at 3:35 am

    assalamu’alaikum….
    Hi Mom,let me introduce myself ^^
    i’m Zulfa Hidayati Fadlilah,i’m junior here….

    Yulia Eka Putrie responded:
    September 3, 2009 at 8:12 am

    waalaikumsalam, hi there, welcome to the club, junior!😀

    ken muhammad ridho said:
    October 5, 2009 at 10:35 am

    mungkin ( sudah ada) atau mau mengulas juga arsitektur perkotaan, urban mass, dimana menurutku yg terjadi “arsitektur akibat” bukan “arsitektur sebab”
    gut job…

    Yulia Eka Putrie responded:
    October 5, 2009 at 12:35 pm

    apa kabar ken? mudah2an sehat n sukses terus yaa!😀
    usul yang bagus nih ken, tapi, “arsitektur sebab dan akibat” tu maksudnya gimana ken? apa maksudnya arsitektur yang tidak terencana dengan baik, cuma muncul sebagai akibat2 dari hal2 lain atau … (kayaknya harus manggil om bop juga kemari untuk diskusi, hehehe)

    fanny said:
    August 31, 2010 at 11:28 am

    bu yulia…. salam kenal….
    untuk artikel “is this (n0) architecture” itu mana ya?
    heheheh….. dari anak didikmu tercinta buu……..

    Yulia Eka Putrie responded:
    October 7, 2010 at 11:28 am

    wah websitenya Fanny bagus ya… smangat, smangatttt!!!🙂

    Anonymous said:
    November 29, 2010 at 4:44 pm

    It’s very deep statement on your part, the silent language of a culture and society. Looking forward to read about it.

    Yulia Eka Putrie responded:
    December 1, 2010 at 2:32 am

    Salam Shahzy bhai🙂 thank you very much for your nice comment, Shahzy bhai🙂 i keep reading your posts too, i like reading them all… yup Shahzy, architecture is a silent language of culture and society, you can examine whether a society is well-developed or is ruining their own civilization from their architecture🙂

    iftirar said:
    May 25, 2011 at 1:06 pm

    blognya bagus mba, suka deh! the story about khadijah propose rasulullah is awesome, love it! *habis mampir di multiplynya*😀

    Yulia Eka Putrie responded:
    July 2, 2011 at 3:35 pm

    makasiiii🙂 hehehe udah lama ga ngutak-ngatik multiply-nya, adanya cuma posting2 lama🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s