bahagia bukan tentang apa yang kita miliki

Posted on Updated on

“happiness is not in what you have, it is in what you feel,”

beberapa waktu yang lalu, saya membaca sebuah kisah broadcast dari grup whatsapp, tentang seorang ibu yang awalnya minder karena hanya s1, namun akhirnya bersyukur dan merasa bahagia setelah bertemu dengan wanita lain yang sudah s3 namun belum bersuami dan memiliki anak.

membaca cerita itu, terasa ada sesuatu yang kurang pas. di luar hikmah luar biasa yang diperoleh si ibu, yang tentu saja ikut saya syukuri, ada semacam cara pandang yang kurang pas ketika si ibu ini memandang wanita lain yang tidak memiliki apa yang dia miliki, sebagai wanita yang pasti kurang bahagia.

mengapa memandang orang lain yang tidak memiliki apa yang kita miliki sebagai orang yang pasti tidak bahagia? setiap orang memiliki kebahagiaannya sendiri-sendiri. dan salah satu sumber kekecewaan terbesar adalah membandingkan apa yang kita punya dengan apa yang orang lain punya, lalu menganggap kebahagiaan kita dan mereka berbanding lurus dengan kepunyaan kita dan kepunyaan mereka.

kebahagiaan itu bukan terletak pada apa yang kita miliki, dan ketidakbahagiaan bukan terletak pada apa yang tidak kita miliki. kebahagiaan terletak pada bagaimana kita memandang apa yang kita miliki dan tidak kita miliki. belum tentu orang yang memiliki apa yang kita inginkan, merasa bahagia. dan belum tentu orang yang tidak memiliki apa yang kita miliki, merasa tidak bahagia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s