Barangsiapa mengenal dirinya, mengenal Tuhannya

Posted on Updated on

“Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya”. Ungkapan ini menjelaskan tentang salah satu bagian di dalam ilmu pengenalan. Menurut Prof. Al-Attas, ilmu pengenalan adalah ilmu yang utama di dalam paham Islam mengenai perkara ilmu. Ilmu ini memiliki pertalian yang erat dengan akhlak dan budi pekerti. Nilai kebenaran yang ada padanya lebih daripada nilai kebenaran yang ada ilmu pengetahuan umumnya.

Sebagaimana arti kata “kenal” dan “mengenal” yang jauh lebih mendalam dibandingkan kata “tahu”, ilmu pengenalan tidak akan dapat dicapai melainkan diberi oleh yang dikenali kepada yang ingin mengenali. Sedikit atau banyaknya pun tergantung kepada pemberian dari yang ingin dikenali tersebut. Belumlah seseorang dapat dikatakan mengenali seseorang lainnya, melainkan sesudah ia dapat berhubungan langsung dengannya, menjadi dekat dengannya, dan bersahabat akrab dengan akhlak yang baik dengannya dalam jangka waktu yang tak sebentar.

Ilmu pengenalan adalah ilmu pemberian Allah yang datang sebagai ilham dan kashaf, yaitu pernyataan, penerangan, pembukaan rahasia mengenai hakikat yang tadinya terselubung, tersamar dalam gelap, tertutup dari penglihatan akal dan kalbu. Ilmu ini merujuk pada hakikat kebenaran, kepada keyakinan, dan karena itulah ia terikat erat dengan akhlak dan budi pekerti.

Karena itu, ungkapan “Barangsiapa mengenal dirinya, mengenal Tuhannya” di atas, bukanlah dimaksudkan bahwa dirinya itu Tuhan, melainkan merupakan pengibaratan bahwa ketika seseorang benar-benar mengenal dirinya, maka pengenalan akan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang serba terbatas itu akan membawanya kepada pengenalan akan Tuhannya, karena dirinya yang asali memang sudah mengenal Tuhannya dalam persaksian, “Qaalu bala syahidna”.

diringkas dari Risalah untuk Kaum Muslimin, Prof. SMN Al-Attas, hal. 53-55

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s