gpp ga sholat asal baik?

Posted on Updated on

Akhir-akhir ini sering banget deh dengar kalimat ini, “Gpp kamu ga sholat, yang penting baik pada sesama, menghargai waktu, buang sampah pada tempatnya… daripada kamu sholat tapi ga baik pada sesama…”

Wew… membuai kali lah kalimat ini… syaitan emang suka menghias kata-kata indah nan menyesatkan…๐Ÿ˜€

You see, membuang sampah pada tempatnya itu adab manusia terhadap alam, tepat waktu dan baik pada sesama itu adab manusia kepada manusia yang lain, sholat itu adab manusia kepada Allah…

Alam dan manusia itu ciptaan Allah… dan kalau kepada ciptaan-Nya saja kita harus beradab, apalagi kepada Dia yang Maha Pencipta…

Jadi jangan pernah bilang, gpp ga sholat, yang penting kita baik kepada sesama… itu pola pikir dikotomis khas Liberalis Barat, mereka pikir segala hal itu senantiasa bertolak belakang, terpecah belah… hati dan badan, akal dan rasa, iman dan adab…

Ketika ditanya, lebih baik mana orang yang sholat tapi ngga baik kepada sesama, atau orang yang baik kepada sesama tapi ngga sholat… Buya Hamka menjawab, “orang yang sholat itu akan jauh lebih baik jika ia bersikap baik kepada sesama, dan orang yang baik kepada sesama itu akan jauh lebih baik jika ia sholat…”

Hikmah dari jawaban beliau di antaranya… jangan terjebak pada dikotomi di antara dua pilihan yang disediakan saja… Islam punya jawaban yang jauh lebih baik daripada pilihan-pilihan dikotomis itu…

Demikian, semoga bermanfaat๐Ÿ™‚

5 thoughts on “gpp ga sholat asal baik?

    arsiteks said:
    February 11, 2014 at 2:28 am

    Bagaimana dengan kata-kata ini Bu Yulia.
    “Tak peduli apa, ras, suku atau agamamu, asalkan kamu berbuat baik, gak akan ada yg tanya apa agamamu.”

    Yulia Eka Putrie responded:
    February 16, 2014 at 3:35 am

    masa ga akan ada yang tanya agama kita apa? di alam kubur tiga hal yang pertama ditanyakan kan “siapa tuhanmu?, siapa nabimu?, apa agamamu?” hehehe… yah itulah jebakan humanisme yang melepaskan diri dari tali agama, sepertinya bijaksana tapi menyesatkan… di dalam Islam, segala hal itu tergantung niatnya… kita berbuat baik karena apa? karena Allah kah, atau karena manusia, atau karena ingin berbuat baik saja? kalau karena sesuatu selain Allah, sebaiknya juga tidak mengharapkan balasan dan ridha Allah…๐Ÿ™‚

    Muhammad Azamuddin T said:
    April 20, 2014 at 1:15 am

    Kata-kata di atas saya kutip dari Alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
    7 September 1940 – 30 Desember 2009

    “TIDAK PENTING APAPUN AGAMA ATAU SUKUMU. KALAU KAMU BISA MELAKUKAN SESUATU YANG BAIK UNTUK SEMUA ORANG, ORANG TIDAK AKAN TANYA APA AGAMAMU.”

    Yulia Eka Putrie responded:
    April 22, 2014 at 4:20 am

    hehehe… memang prioritas orang beda2 zam… ada yang menganggap agama ngga penting, ada yang menganggap agama penting… kebaikan yang secara kasat mata sama bisa didasarkan pada nilai agama, bisa saja pada nilai kemanusiaan semata… tetapi balasannya ngga pernah sama di mata Allah… kalau saya yakin, agama itu penting sbg dasar dari semua kebaikan yang kita lakukan… tanpa dasar itu, bisa aja sesuatu yang kita kira baik ternyata tidak baik dalam pandangan Allah… menurut Azam sendiri bagaimana?๐Ÿ™‚

    Muhammad Azamuddin T said:
    April 22, 2014 at 9:24 am

    sangat penting Bu.๐Ÿ˜€ singkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s