tentang hand drawing..

Posted on

kalau saya dan teman2 dosen lain ada yang memilih penugasan dengan hand drawing, itu bukan karena kami anti atau gagap teknologi.. saya pun sudah berpuas-puas mengeksplorasi berbagai software drawing dan rendering dengan berbagai efeknya..

tetapi, di dalam pembelajaran, ada banyak hal yang takkan dipahami oleh mahasiswa yang kurang sabar, atau kurang tawadhu terhadap gurunya..

di dalam belajar ada langkah2 yg harus ditempuh satu per satu, yang langkah2 itu mungkin takkan diperlukan lagi ketika kita telah terlatih..

seperti bayi yg ketika belajar berjalan harus belajar merangkak, berdiri, melangkah, lalu terduduk: you must learn to creep before you run..

hand drawing menghubungkan tangan tidak hanya dengan otak, tetapi juga dengan hati.. ia mengajarkanmu kesabaran, bukan hanya kemudahan..

hand drawing mengajarkanmu kejujuran dan keistimewaan, karena karakteristik tarikan setiap garismu berbeda dengan kawan-kawanmu..

hand drawing mengajarkanmu ketekunan dan kecermatan, karena kekeliruan setarik garis tak mudah dihapus hanya dengan tombol delete dan undo..

hand drawing ajarkanmu mempertimbangkn segala hal sblm menggoreskan tinta, bhw ada kekeliruan dlm hidup yg terjadi karna keliru merencanakan

kami tak pernah melarangmu mengeksplorasi keterampilan komputasi arsitekturmu.. adakah kau dengar kami jelek2an perkemb. arsitektur digital?

kau bebas untuk mempelajarinya di luar sana walau tanpa guru.. karena jenis keterampilan itu memang tidak memerlukan kehadiran kami..

yang kalian perlukan dari seorang guru adalah mempelajari bagaimana ilmu hidup di dalam dirinya dan menjadi nyata dalam karakternya..

dan bagaimana ia membentukmu menjadi karakter2 tangguh, jujur, istimewa, sabar, cermat, tekun, dsb di balik setiap proses pembelajaranmu..

karena itu, janganlah sombong dan merasa lebih bisa darinya.. nanti kepintaranmu tak membawamu pada rendah hati dan tawadhu..

dan bersabarlah dalam setiap langkah pembelajarannya.. karena kau mungkin tak terpikirkan apa yang ia pikirkan di balik itu semua..

jika kau marah padanya itu karena kau benci, tetapi jika ia marah padamu, itu karena ia peduli. sungguh.

jika kau memikirkan dirimu, kau memikirkan saat inimu.. jika ia memikirkanmu, ia memikirkan masa depanmu..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s