arsitektur dan jendela…

Posted on

bagi saya, arsitektur itu seperti jendela, dan belajar arsitektur seperti melongok ke luar jendela. dengan melongok ke luar jendela, kita bisa melihat banyak hal lain di luar jendela, bukan semata2 menikmati keindahan jendela itu sendiri.

begitu juga halnya dengan arsitektur. saya memperlakukan arsitektur hanya seperti jendela, tempat saya melongok ke luar, mencari sesuatu yang lain, yang lebih besar…

tidak pernah menjadi terlalu pintar, terlalu antusias, terlalu fokus, terlalu mendambakan, terlalu tenggelam, di dalam arsitektur…

dan arsitektur; saya baru mencintainya ketika sadar, darinya saya memperoleh banyak hal lainnya, yang jauh lebih besar dari dirinya sendiri..

ketika arsitektur mendefinisikan dirinya lewat kebenaran dan kebaikan.. barulah saya jatuh cinta padanya. ya, sebuah cinta yang bersyarat.

sejak itu saya sadar, cinta tak bersyarat saya tertuju pada kebenaran dan kebaikan itu sendiri, yang membuka diri lewat pencarian ilmu.. dan ilmu arsitektur hanya salah satunya..🙂

Leave a Reply

