menulis…

Posted on

I love writing! Bagi saya, menulis seperti menangkap kupu-kupu ide yang hinggap dalam benak, begitu sekilas singgahnya, begitu cepat perginya…

Menulis membantu kita menyadari dan mengkonstruksikan pemikiran-pemikiran yang berserakan, seperti nasib back-up file yang cepat pindah ke recycle bin kalau tidak segera diselamatkan…

Menulis juga sangat menolong jika kita ingin mengungkapkan pendapat kita kembali suatu saat, secara lisan…

Menulis bermanfaat dalam membentangkan arsip ingatan kita dan menyusunnya kembali secara alfabetis, seperti kegiatan analisa dan sintesa yang terus-menerus.

Satu lagi, menulis suatu saat dapat melatih kita untuk bersabar… tidak semerta-merta mengeluarkan pikiran-pikiran yang bercampur-baur dengan emosi, kemudian menyesalinya di kemudian hari, seperti kisah seseorang (saya lupa siapa, karena tidak saya tulis ;P) yang menuliskan sebuah surat makian, tapi hanya menyimpannya di laci meja kerja. Tiga hari kemudian, ia membukanya lagi, dan mensyukuri keputusannya untuk tidak benar-benar mengirimkannya.

Dan menulis memang berfungsi seperti kegiatan memback-up file yang sewaktu-waktu dapat kita buka kembali… kita akan tersadar kembali, terkejut, terbawa dan mungkin terbahak-bahak dengan pemikiran-pemikiran yang pernah kita tuliskan… menyadari ketololannya, atau mungkin merasa terheran-heran akan kemampuan pemikiran kita sendiri =D

….

Karenanya, mungkin bagi saya tidak terlalu penting tulisan-tulisan itu disukai oleh orang lain, karena sesungguhnya apa yang saya tulis lebih banyak menggambarkan keterbatasan saya,

Dan orang yang membaca tulisan saya bisa saja memiliki ilmu yang jauh lebih dalam dan luas daripada saya, karenanya membaca tulisan saya tidak akan membawa banyak manfaat bagi mereka.

Tetapi tulisan-tulisan itu sudah membawa manfaat cukup banyak bagi diri saya sendiri…

Ini bukan berarti saya tidak peduli pendapat mereka, sama sekali tidak. saya justru sangat butuh pendapat yang obyektif, namun saya tidak akan merasa kapok menulis karena pendapat yang meruntuhkan… justru itu yang saya butuhkan untuk bisa menilai dan menyadari keterbatasan saya, kita selalu butuh orang lain untuk menyadarkan kita bahwa kita adalah manusia biasa yang memiliki keterbatasan ini dan itu…

….

Dan tulisan saya kali ini, juga untuk mengingatkan kepada saya suatu saat, bahwa saya sukaaa sekali menulis dan mendapatkan banyak manfaat darinya, terlepas dari bagus atau tidaknya tulisan-tulisan itu… 

Leave a Reply

