ingat untuk berterima kasih

Posted on

“Terima kasih ya, Yul,” kata dosen saya di akhir perkuliahan semester tiga, beberapa minggu yang lalu. Saya yang sedang asik membayangkan liburan semester yang menyenangkan cuma bengong sambil menatap wajah bapak itu, “Lho, terima kasih kenapa, Pak?” tanya saya dengan tampang-bodoh-mode: on. “Bukannya saya yang harus terima kasih ke Bapak ya, Pak?” (Bodohnya sayaa, pertanyaan ini seharusnya saya jawab sendiri kan?).

“Ya, saya harus berterimakasih sama kamu, sama Abraham juga, kalo ngga ada kalian ilmu saya bisa mandeg. Karena kalian banyak nanya, jadi ilmu saya bisa saya refresh lagi… Ilmu itu yul, kalo ngga dipakai, bisa berkarat…” Jelas beliau kemudian dengan senyum khasnya.

“Iya, Pak… Saya juga terima kasih banyak sama Bapak, tiga semester ini udah banyak banget yang saya dapat Pak…” Saya jadi sadar, ini perkuliahan terakhir saya dengan beliau, semester depan tidak ada perkuliahan lagi, “hanya” tersisa tesis untuk diselesaikan… T_T

Deuh, saya jadi malu, di akhir perkuliahan tadi pikiran saya sudah melayang memikirkan senangnya liburan semester ini. Ngga terpikir sedikitpun untuk berterima kasih kepada dosen saya itu untuk ilmu yang beliau beri selama ini. Biasanya, saya hanya mengucapkan “Terima kasih ya, Pak” sambil melayang ringan menutup pintu ruangan beliau setiap akhir jam kuliah.

Dan di akhir masa perkuliahan ini, sepatutnya sayalah yang mengucapkan banyak banyak banyak terima kasih atas diskusi-diskusi, wacana-wacana, bahkan komentar-komentar yang seringkali membuat kami para mahasiswa memiringkan kepala, dengan harapan dapat mengaktifkan sisi lain otak kami yang mungkin bisa sedikit menjangkau kedalaman dan keluasan pikir beliau (pyuh…). Maafkan saya ya Pak… ^_^

It’s not very easy to say thank you, especially to the people ‘below’ us… Bukan karena gengsi, tetapi karena kita seringkali tidak sadar mereka telah memberikan ‘sesuatu’ kepada kita. Yup, terlalu sering kita berpikir bahwa kitalah yang telah memberikan banyak manfaat kepada mereka. Maka mengucapkan terima kasih kepada mereka menjadi suatu hal yang tidak mudah, karena kita acapkali ‘terlupa’ untuk melakukannya.

Susah sekali rasanya mengingatkan diri ini untuk mengucapkan kalimat terima kasih yang pendek namun tulus, seperti yang telah dilakukan dosen saya itu. Merasa diri lebih penting dan lebih banyak memberi; mungkin hal inilah yang selama ini saya rasakan terhadap para mahasiswa saya, sehingga saya belum pernah mengucapkan terima kasih kepada mereka. Padahal, apa yang dosen saya katakan di atas benar adanya. Tanpa para mahasiswa yang sering bertanya ini itu, tentang hal sepele sekalipun, ilmu yang dimiliki oleh para pengajar itu akan mandeg dan berkarat, menjadi semacam ‘sampah pengetahuan’ yang tidak memiliki manfaat.

Balik ke masalah tengkyu-tengkyu’an tadi, I shyly admit that all this time I forgot to say thank you to my students… Padahal kalau dipikir-pikir, ternyata manfaat yang mereka bawa kepada saya jauuuuh lebih banyak daripada manfaat diri saya bagi mereka, I could never be lecturer without having them as my students. Saya jadi malu dua kali: Pertama pada dosen saya, dan kedua pada mahasiswa saya… Jadi, walaupun terlambat, ijinkan saya berkata: “Sekali lagi terima kasih, Pak, Bu…” kepada para dosen saya, dan kepada para mahasiswa saya: “Maafkan ibu nak, ibu tak pandai mengucapkan terima kasih… Mudah-mudahan semester depan ibu tidak lupa mengucapkannya dari lubuk hati yang paling dalam…” hehehehe

One thought on “ingat untuk berterima kasih

    m hatif said:
    October 20, 2011 at 5:01 am

    mohon ijin blognya mau tak link ke saintek

    http://saintek.uin-malang.ac.id

    tolong di link juga ke blognya

    trimakasih

Leave a Reply

